Cara upgrade Bahasa Blackberry

Cara menyisipkan/menambah satu bahasa pada blackberry"

Kasus : "Banyak pertanyaan sejenis ini, bagaimana caranya yah,..jika bahasa yg diinginkan tdk umum/ tdk tercantum dlm Os, misal bahasa jepang,cina,arab,india,..dll"


Caranya ada 4 macam
yg saya bahas disini dgn menggunakan soft DM versi 4.0x & versi 5.0x, dan promt dos, yaitu :


1. Dengan cara DM "add application"
cara ini sangat mudah yaitu cukup dgn pilih menu "add aplication" pada soft DM, nanti pada pilihan option bahasa tinggal centang saja font dan support bahasa yg diinginkan, selanjutnya proses flash berlangsung seperti biasa. kekurangannya.. tampilan theme,data,dan setingan lainnya yg dianggap penting ada kemungkinan akan hilang, dikarenakan proses ini sama dengan proses flash / update os (kembali ke setingan normal sesuai bawaan firmware os original dari RIM. (kecuali dibackup dulu) dan memerlukan waktu yg cukup lama.

2. Dengan DM "prosedur file bikin sendiri"
Nah cara ini lumayan agak rumit dikit, keuntungannya data+setingan yg dianggap penting akan aman. (proses waktu relatif singkat)

pertama silahkan install dulu firmware os sesuai negara bahasa tsb... setelah terinstall anda ambil file2 cod yg ada di folder C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\Shared\Loader Files\BBxxxx_v5.0.0.90_P4.3.0.16\Java\

file2 cod nya adalah sprt ini :

net_rim_font_*.cod (*=semua yg ada tulisan negara yg diinginkan)
net_rim_tid_dynamic_transcoding_data_*.cod (*=all)

lalu anda buat folder dgn nama Java, untuk lokasi drive penyimpanan dimana saja bebas, nah masukkan file2 cod tsb ke dalam folder Java yg sdh dibuat tadi

silahkan sorot dan copy tulisan ini, buka notepad lalu pastekan, setelah itu save as dgn nama file bahasa.alx, posisi penyimpanan tetap di dlm folder Java yg sdh dibuat sebelumnya
Code:




BlackBerry Country Characters and Font Support
Country Characters and Font Support for BlackBerry handhelds.
Research In Motion
Copyright 1998-2007 Research In Motion

Java

net_rim_font_*.cod
net_rim_tid_dynamic_transcoding_data_*.cod





setelah prosedur diatas dilakukan, selanjut anda jalankan soft DM nya, colokkan bbnya sampai terdetek, di menu DM pilih "add application",..setelah muncul pilihan bar aplikasi.. abaikan saja, anda pilih tab browse di pojok atas jendela DM, pada browse arahkan ke folder Java yg sdh dibuat tadi, pilih file bahasa.alx selanjutnya teruskan layaknya proses flash seperti biasa ... tinggal ok2/next2 aja... sampai selesai.

3. cara ke tiga adalah via promt dos, tdk menggunakan soft DM :
yg ter-aman adalah cara ini, proses waktu relatif singkat,..sama dgn langkah pd cara ke-2, perbedaan disini adalah untuk pembuatan/penyimpanan folder Java, anda simpan di root drive c:\ jangan lupa masukan juga file javaloader.exe ke dalam folder ini.

silahkan klik start-->run-->cmd-->ok

sorot lalu copy pastekan tulisan ini

Code:

PATH C:\JAVA
JAVALOADER.exe -u load *.cod

akhiri dengan menekan enter,..selanjutnya tunggu sampai bb otomatis on dgn normal

4. untuk Bahasa Indonesia Only, Via Tools2 buatan pakar teknisian dalam negeri
Cara ke empat ini adalah cara yg termudah dan ter-aman, yaitu via tools2 yg sudah dibuat oleh beberapa pakar technical ponsel blackberry dalam negeri,.. sangat mudah kan.. tinggal download saja .. dgn beberapa clik saja.. langsung bikin nota..

Komentar

Postingan Populer